Subscribe:

Jumat, 21 Oktober 2011

RPP KKPI X

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (1)

Mata Pelajaran    : KKPI
Kelas / Semester    : X / 1
Alokasi Waktu    : .... x 1 jam Pelajaran
Standar Kompetensi    : Mengoperasikan Pc Stand Alone
Kompetensi Dasar    : Mengoperasikan sistem operasi basis teks

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat menjelaskan komponen sistem komputer
Siswa dapat menjelaskan berbagai perangkat Keras (Harware)
Siswa dapat menjelaskan berbagai perangkat peripheral

B.  MATERI PEMBELAJARAN
Sistem komputer
Cara Kerja sebuah Komputer
Perangkat Masukan (Input Device)
Perangkat Keluaran (Output Device)
Media Penyimpanan (Storage)
C. METODE PEMBELAJARAN
1.    Penugasan
2.    Diskusi
3.    Tanya Jawab
4.    Simulasi
5.    Praktikum di Lab. Komputer

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
I.    Kegiatan Awal
Motivasi dan Apersepsi:
-    Apakah monitor merupakan perangkat keluaran?
-    Apakah manfaat dari perangkat keluaran?
Prasyarat pengetahuan:
-    Apakah yang dimaksud dengan sistem komputer?
-    Apakah yang dimaksud dengan perangkat masukan dan perangkat keluaran?
II.    Kegiatan Inti
Eksplorasi
-    Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
-    Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian sistem komputer.
-    Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai perbedaan antara perangkat masukan (input device) dan perangkat keluaran (output device).
Elaborasi
-    Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan contoh perangkat masukan dan perangkat keluaran.
-    Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
-    Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan tentang sistem komputer.
Konfirmasi
-    Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya
III.    Kegiatan Penutup
Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.


E. SUMBER BELAJAR :
Modul KKPI
Komputer
UPS
Internet
Buku DOS
System Operasi DOS

F. PENILAIAN

Bentuk Tes    Instrumen      
Tes Formatif    Pilihan ganda, isian, dan uraian      
Praktik    Tugas Kelompok dan Individu   






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (2)

Mata Pelajaran    : KKPI
Kelas / Semester    : X / 1
Alokasi Waktu    : .... x 1 jam Pelajaran
Standar Kompetensi: Mengoperasikan Pc Stand Alone
Kompetensi Dasar    : Mengoperasikan sistem operasi basis teks

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat mendeskripsikan sistem operasi berbasis teks
Siswa dapat melakukan shut down komputer pada sistem berbasis teks

B.  MATERI PEMBELAJARAN
Langkah-langkah menyalakan komputer
Sistem Operasi Berbasis Teks
Shut Down Kompter pada Sistem Berbasis Teks
C. METODE PEMBELAJARAN
Penugasan
Diskusi
Tanya Jawab
Simulasi
Praktikum di Lab. Komputer

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Motivasi dan Apersepsi:
-    Bagaimana langkah-langkah menyalakan komputer?
-    Apakah manfaat dari sistem operasi berbasis teks?
Prasyarat pengetahuan:
-    Apakah yang dimaksud dengan sistem operasi berbasis teks?
-    Apakah yang dimaksud dengan Disk Operating Sistem (DOS)?
Kegiatan Inti
Eksplorasi
-    Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
-    Peserta didik (dibimbing oleh guru) menjelaskan dan melakukan prosedur penyalaan komputer secara benar.
-    Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai shut down komputer yang benar pada sistem berbasis teks.
Elaborasi
-    Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan dan mempraktikkan langkah-langkah dalam menyalakan dan men-shutdown komputer berbasis teks.
-    Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan tentang sistem operasi berbasis teks.
Konfirmasi
-    Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi dan mempratikkan langkah-langkah yang sebenarnya tentang menyalakan dan men-shutdown komputer berbasis teks.

Kegiatan Penutup
Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang memiliki kinerja dan melakukan langkah-langkah  menyalakan dan men-shutdown komputer berbasis teks secara benar.
Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.


E. SUMBER BELAJAR :
Modul KKPI
Komputer
UPS
Internet
Buku DOS
System Operasi DOS

F. PENILAIAN

Bentuk Tes    Instrumen      
Tes Formatif    Pilihan ganda, isian, dan uraian      
Praktik    Tugas Kelompok dan Individu   









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (3)

Mata Pelajaran    : KKPI
Kelas / Semester    : X / 1
Alokasi Waktu    : .... x 1 jam Pelajaran
Standar Kompetensi: Mengoperasikan Pc Stand Alone
Kompetensi Dasar    : Mengoperasikan sistem operasi basis GUI (Graphical User Interface)

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat mengetahui sejarah singkat windows.
Siswa dapat memahami windows XP Proffesional.
Siswa dapat melakukan operasi dasar komputer.
Siswa dapat melakukan setting peripheral.

B.  MATERI PEMBELAJARAN
Sejarah Singkat Windows
Windows XP Proffesional
Melakukan Operasi Dasar
Melakukan Setting Periferal

C. METODE PEMBELAJARAN
1.    Penugasan
2.    Diskusi
3.    Tanya Jawab
4.    Simulasi
5.    Praktikum di Lab. Komputer


D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Motivasi dan Apersepsi:
-    Bagamanakah sejarah windows?
-    Apakah manfaat dari windows XP professional?
Prasyarat pengetahuan:
-    Apa yang dimaksud dengan Windows XP professional?
-    Apakah yang dimaksud dengan setting periferal?
Kegiatan Inti
Eksplorasi
-    Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
-    Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan bagaimana cara mengoperasikan sistem operasi berbasis GUI (Graphic User Interface) secara benar.
-    Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai cara mengoperasikan sistem operasi berbasis GUI (Graphic User Interface).
Elaborasi
-    Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menjelaskan cara mengoperasikan sistem operasi berbasis GUI (Graphic User Interface).
-    Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan tentang melakukan setting periferal.
Konfirmasi
-    Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi dan mempratikkan langkah-langkah melakukan sistem operasi berbasi GUI dan melakukan setting peripheral secara benar.
Kegiatan Penutup
Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang memiliki kinerja dan melakukan langkah-langkah sistem operasi berbasi GUI dan melakukan setting peripheral secara benar.
Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.

E. SUMBER BELAJAR :
Modul KKPI
Buku Windows
Internet
Komputer
UPS
Printer
System Operasi Windows
System Operasi Linux

F. PENILAIAN

Bentuk Tes    Instrumen      
Tes Formatif    Pilihan ganda, isian, dan uraian      
Praktik    Tugas Kelompok dan Individu   
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (4)

Mata Pelajaran    : KKPI
Kelas / Semester    : X / 1
Alokasi Waktu    : .... x 1 jam Pelajaran
Standar Kompetensi: Mengoperasikan Sistem Operasi Software
Kompetensi Dasar    : Mengoprasikan operasi berbasis Grapihic User Interface (GUI)

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat menggunakan sistem BIOS
Siswa dapat mengistall sistem operasi

B.  MATERI PEMBELAJARAN
Menggunakan Sistem Bios
Install Sistem Operasi

C. METODE PEMBELAJARAN
Penugasan
Diskusi
Tanya Jawab
Simulasi
Praktikum di Lab. Komputer


D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Motivasi dan Apersepsi:
-    Apakah yang dimaksud dengan BIOS?
-    Apakah manfaat dari Menu BIOS?
Prasyarat pengetahuan:
-    Apakah yang dimaksud dengan install sistem operasi?
-    Bagaimanakah langkah-langkah install sistem operasi windows Xp?
Kegiatan Inti
Eksplorasi
-    Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
-    Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian menu BIOS.
-    Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai dalam mnu BIOS.
Elaborasi
-    Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan contoh dan langkah-langkah menu BIOS.
-    Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
-    Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan tentang instalasi sistem operasi windows XP.
Konfirmasi
-    Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
Kegiatan Penutup
Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang memiliki kinerja dan melakukan langkah-langkah dalam menu BIOS dan melakukan install istem operasi dengan benar.
Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.

E. SUMBER BELAJAR :
Modul KKPI
Buku Windows
Internet
Komputer
UPS
Printer
System Operasi Windows
System Operasi Linux

F. PENILAIAN

Bentuk Tes    Instrumen      
Tes Formatif    Pilihan ganda, isian, dan uraian      
Praktik    Tugas Kelompok dan Individu   
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (5)

Mata Pelajaran    : KKPI
Kelas / Semester    : X / 1
Alokasi Waktu    : .... x 1 jam Pelajaran
Standar Kompetensi: Mengoperasikan Sistem Operasi Software
Kompetensi Dasar    : Mengoperasikan software pengolah kata


A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat menjalankan progam aplikasi microsoft Word 2007
siswa dapat membuat layout sederhana

B. MATERI PEMBELAJARAN
Menjalankan Program Aplikasi Microsoft Word 2007
Tampilan (Layout)

C. METODE PEMBELAJARAN
1.    Penugasan
2.    Tanya Jawab
3.    Simulasi
4.    Praktikum di Lab. Komputer

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Guru memberikan pretest berkaitan dengan materi yang akan dibahas.
Guru memberikan pengantar tentang materi yang akan dibahas.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
-    Guru mengenalkan microsoft word 2007.
-    Guru menjelaskan langkah-langkah menjalankan program aplikasi Microsoft word 2007
Elaborasi
-    Guru menjelaskan dan melakukan pengeditan teks dalam program Microsoft word 2007
-    Guru mengenalkan tampilan-tampilan yang ada dalam Microsoft word 2007
Konfirmasi
-    Guru memerhatikan cara kerja praktikum siswa dengan menggunakan tampilan aplikasi Microsoft word 2007.
Kegiatan Penutup
Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang memiliki kinerja dan melakukan langkah-langkah penggunaan aplikasi Microsoft word dengan benar.
Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.


E. SUMBER BELAJAR
1.    Modul KKPI TIK Dikmenjur 2005
2.    Buku Panduan Pengoperasian software pengolah kata
3.    Internet
4.    Personal Komputer
5.    Software Aplikasi Pengolah kata
6.    Menu Help
7.    Printer

F. PENILAIAN

Bentuk Tes    Instrumen      
Tes Formatif    Pilihan ganda, isian, dan uraian      
Praktik    Tugas Kelompok dan Individu   





















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (6)

Mata Pelajaran    : KKPI
Kelas / Semester    : X / 1
Alokasi Waktu    : .... x 1 jam Pelajaran
Standar Kompetensi: Mengoperasikan Sistem Operasi Software
Kompetensi Dasar    : Mengoperasikan software pengolah kata


A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Siswa mampu membuat tabel
2.    Siswa dapat membuat shape
3.    Siswa dapat mengolah chart
4.    Siswa dapat menyisipkan word art
5.    Siswa mampu menyisipkan equation dan symbol.

B. MATERI PEMBELAJARAN
Tabel
Shapes
Chart
Word Art
Equation
Symbol

C. METODE PEMBELAJARAN
Penugasan
Tanya Jawab
Simulasi
Praktikum di Lab. Komputer

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Guru memberikan pretest berkaitan dengan materi yang akan dibahas.
Guru memberikan pengantar tentang materi yang akan dibahas.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
-    Guru mengenalkan objek-objek yang dapat disisipkan di Microsoft word 2007.
-    Guru menjelaskan langkah-langkah menyisipkan objek dalam program aplikasi Microsoft word 2007
Elaborasi
-    Guru menjelaskan dan membrikan contoh cara melakukan pengeditan teks dengan menyisipkan objek dalam program Microsoft word 2007
-    Guru mengenalkan tampilan-tampilan objek yang ada dalam Microsoft word 2007
Konfirmasi
-    Guru memerhatikan cara kerja praktikum siswa dalam menyisipkan objek di paragraph Microsoft word 2007.
Kegiatan Penutup
Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang memiliki kinerja dan melakukan langkah-langkah penyisipan objek dalam aplikasi Microsoft word dengan benar.
Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.

E. SUMBER BELAJAR
1.    Modul KKPI
2.    Buku Panduan Pengoperasian software pengolah kata
3.    Internet
4.    Personal Komputer
5.    Software Aplikasi Pengolah kata
6.    Menu Help
7.    Printer

F. PENILAIAN


Bentuk Tes    Instrumen      
Tes Formatif    Pilihan ganda, isian, dan uraian      
Praktik    Tugas Kelompok dan Individu   

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar